Wednesday 6 January 2016

KOLAM RENANG LEGENDARIS MAGELANG

Seminggu penatnya aktivitas membuat fisik tubuh lemah. Fisik tubuh sangat perlu dilatih agar sehat jiwa dan raga. Salah satu aktivitas agar tubuh bugar dalam menghadapi seminggu aktivitas dalam bekerja / belajar adalah olahraga renang. Ya, berenang merupakan salah satu aktivitas yang bisa digolongkan dalam dua jenis aktivitas: yang pertama adalah sport, yang kedua adalah rekreasi. Berenang tidak membutuhkan banyak biaya. Namun tak ada salahnya sebelum berenang melakukan seleksi, dimanakah lokasi berenang yang sehat (air murni tanpa bahan kaporit). Di pinggir Kota Magelang terdapat pilihan lokasi sarana kolam renang yang bebas kaporit, yaitu kolam renang Soekotjo dan kolam renang Tirta Kencana. Tak hanya sarana kolam renang, namun sarana edukasi.
Kolam Renang Soekotjo
Kolam Renang Soekotjo dan Tirta Kencana terletak bersebelahan di Jl. Candimulyo (Tegalrejo), Dusun Ngepos, Banyu Urip, Magelang Jawa Tengah (klik lokasi). Untuk Kolam Renang Soekotjo ini merupakan kolam renang milik Akademi Militer Magelang, sedangkan Kolam Rennag Tirta Kencana merupakan kolam renang milik Kodim Magelang. Akan tetapi kedua kolam renang ini juga dibuka untuk umum. Acap kali kedua kolam renan tersebut dipakai untuk latihan militer untuk olah fisik yang prima. Patut berbangga bahwa Magelang punya kolam renang bertaraf standar militer Nasional.

Kolam Renang Tirta Kencana (Source: KLik)
Kolam renang yang berada di Pisangan, Candimulyo ini merupakan kolam peninggalan militer Belanda di jaman penjajahan. Lagi-lagi terbukti dari foto lawas yang tersimpan di koleksi KITLV Museum Belanda, kolam renang tersebut terdata sebagai "Militair Zwembasin bij Kali Elo, Magelang" (source: klik). Kolam renang yang berada di timur Sungai Elo ini bersumber dari mata air Pisangan. Para warga menamakan Pisangan karena jaman dahulu mata air ini dikelilingi dan dipenuhi pohon pisang. Konon dulu di jaman Belanda hanya ada 1 kolam utama. 
Kolam Renang Pisangan / Tirta Kencana (Source: KITLV klik)
Kolam Renang Pisangan (Tirta Kencana)
Kemudian di jaman penjajahan Jepang, menambah dengan membangun kolam renang di dekat mata air ini, karena itu dikenal dengan kolam renang Pisangan (sekarang Soekotjo). Pasca kemerdekaan, kedua kolam renang ini dikelola oleh Militer Indonesia. Seperti yang sudah dikemukakan di atas bahwa dibagi menjadi dua tempat yaitu Kolam Renang Soekotjo dan Kolam renang Tirta Kencana. Dulu hanya kolam pisangan kodimlah (Tirta Kencana) yang boleh digunakan untuk umum, sedangkan kolam Soekotjoe digunakan untuk latihan renang para prajurit akmil. Namun sejak tahun 1980an, kolam Soekotjoe sudah boleh digunakan untuk umum.
Kolam Renang Pisangan / Tirta Kencana (perhatikan kesamaan bentuk kolam renang gambar lama dan gambar baru, bawah)
Kolam Renang Pisangan / Tirta Kencana (Source: Klik)

Kolam Renang Soekotjo
Kolam renang ini bernama Soekotjo. Sebenarnya siapakah Soekotjo ?? Penamaan kolam renang ini tidak sembarangan, karena nama Soekotjo telah berjasa bagi kemiliteran, terkhusus bagi nusa dan bangsa Indonesia. Soekotjo berpangkat Letnan Satu Anumerta, berpendidikan Akmil Yogyakarta, Eks Kadet Malang. Beberapa prestasi dari Lettu Soekotjo:
- Melatih rakyat dalam rangka mempersiapkan perang gerilya melawan Agresi Belanda 1
- Operasi menumpas pemberontakan PKI di Madiun pada bulan September - Oktober 1948
- Bergerilya dalam perang kemerdekaan II pada tanggal 19 Desember 1948 - 24 Februari 1949

Lettu Soekotjo gugur dalam pertempuran pelataran Kalasan Yogyakarta pada tanggal 24 Februari 1949 dengan gelar tertinggi Anumerta.

Kolam Renang Soekotjo (Source: klik)
Awalnya kolam renang Soekotjo ini berlantai batuan andesit. Namun pada tahun 2003 dirombak ulang dan direnovasi dengan keramik, dan diresmikan oleh Jendral TNI Ryamizard RC tepatnya pada 11 November 2003. Kolam renang Soekotjo kini memiliki 2 kolam renang: 1 kolam renang anak-anak dan 1 kolam utama (memiliki dua kedalaman yang berbeda). Karcis masuk kolam renang Soekotjo cukup murah, yaitu Rp 5.000,- sedangkan kolam renang Tirta Kencana Rp 4.000,-

Wisata rekreasi keluarga dan sarana olahraga cukup murah berada di pinggiran Kota Magelang. Sangat terjangkau, mengingat beratnya biaya hidup jaman sekarang. Menjadi ide solutif saat pikiran penat sekaligus wisata edukasi bagi kita. Tak lupa kita patut berbangga bahwa Magelang punya kolam renang bertaraf standar militer Nasional. Jayalah Militer Indonesia !!!

2 comments:

  1. kolam renang legendaris,airnya dingin,sejuk,tanpa kaporit..pokoknya TOP bnget,dari pertama berkunjung kesini sampe tiap pulang ke Magelang selalu puas berenang disini..habis berenang,pasti lapar,langsung makan di warung snerek kacang merah,satu"nya yg ada dilokasi..masakannya Maknyus,paling seneng makan nasi putih,sayur lombok,irisan daging,tempe bacem aaaahhhh...dahsyat deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harapkan bersama semoga tetap alami, tidak lantas terlalu di-eksploratif .. boleh, tapi sewajarnya :)

      Delete