Saturday 28 December 2013

PINTU AIR PENGATUR KALI MANGGIS - MAGELANG

Poncol - Magelang,
14 September 2012

Sejujurnya, lagi-lagi ini tulisankku yang lawas yang pernah muncul di group FB: KOTA TOEA MAGELANG.... hehe....
Karena ingin berbagi aja lewat blog, maka saya tuangkan biar para pembaca tahu tentang pintu air ini. Soalnya, terkadang orang Magelang pun tak begitu tahu arti pentingnya pintu air Poncol ini. :)

Tetibanya saya di Poncol, lebih tepatnya lokasi pintu air pengatur kali manggis Magelang, saya disapa oleh pria ramah sang penjaga pintu air. Dia bernama pak Muhidin. Sesekali menceritakan tentang keluarganya dan tentang fungsi pintu air tersebut. Ia telah mengabdi menjaga pintu air selama 27 tahun dengan 5x perpindahan lokasi. Dan dia tidak pernah mengeluh tentang pekerjaannya, terlebih di saat musim hujan dia akan selalu menjaga pintu air agar Magelang tetap aman dalam pengaturan air. SALUT !!!

Pernahkah terpikir apabila di Poncol tidak ada pintu air??? Pasti Magelang sudah banjir bandang karena air yang datang tidak diatur dengan baik....

Di era kolonial, tanggul buatan yang biasa disebut kali kotak (di Poncol) berperan penting karena sebagai pengairan sawah. Dan perlu adanya pengaturan debit air. Dan fungsi utama pintu air yang legendaris inilah sebagai pengatur debit air. Apabila debit air yang datang melebihi standar yang ada pada indikator, maka pintu air ini akan dibuka secara stimultan agar tidak mengalami banjir. Dan debit air yang datang juga dapat dikendalikan karena dapat dialihkan. Pengalihan/pembagian dari poncol ke daerah aliran yang lain juga melewati daerah Samban bawah.

#NB:
Oh iya, tulisan ini hanya berfokus pada pintu air saja.

Fakta:
yang menjadi unik dari bangunan ini adalah:

1. Pintu air yang terbuat dari kayu Ulin (biasa disebut dengan kayu besi) yang masih kuat sampai sekarang dan tidak lapuk, bahkan paku biasa tidak mampu menembus kayu ini.

2. Saluran air berundak

No comments:

Post a Comment