Tuesday 8 July 2014

KOLABORASI MUSIKAL INDONESIA - JEPANG - BELANDA

Sori mek, sebenarnya sudah lama, namun baru saya ulas.... hehe :))

Saya antara asing, sok tau, sok musisi, sok menghayati, dan sok yang lain....  hehe.... :D
Sambil diiringi musik dari Flogging Molly, Tulisan ini mengangkat tentang musik lagi. Setelah kedatangan musisi asal Belanda Tim Knol di Magelang: (KLIK BUAT BACA TULISAN TIM KNOL) , kali ini Magelang untuk kedua kalinya kedatangan musisi dari negara Kincir Angin. Tepatnya pada hari Jumat, 3 Mei 2013 pada pukul 19.30 Personil TOEAC menghibur Magelang di Prambanan Hall Puri Asri Hotel. Nampaknya konser kali ini saya tidak menjumpai pejabat seperti konser Tim Knoll sebelumnya, hanya melihat para penggagas acara dan perwakilan dari kedutaan.... hehe....

Ketika itu saya terlambat untuk menghadiri konser ini karena saya datang pada jam 20.00. Ya, tidak terlalu kecewa lah hanya terlambat 1 lagu. Mereka memulai dengan format bertiga Pieternel Berkers (Akordion), Bernadeta Astari (Penyanyi) dan Kanako Inouke (Piano). Konser ini merupakan rangkaian tour dari Salatiga dan Jogja beberapa hari sebelumnya yang berakhir di Magelang. Mereka menyanyikan 8 buah lagu klasik yang dikolaborasikan dengan rangkaian penampilan drama (duh lupa teks lagunya yang dibagikan sudah hilang). Di sela-sela acara ada juga persembahan Choir dari kumpulan group choir anak-anak dan pemaja yang berkostum tradisional. Dan juga ada penampilan spesial dari pianis cilik. Oh iya, ada satu hal unik menjelang akhir acara. Ketika sudah di lagu akhir, pastinya konser akan usai. Namun antusiasme penonton sangat tinggi.
Penonton: "Once more... once more !!!"
Astari: "Oke, kalian sangat keren malam ini, ada kejutan dari kami bertiga...." 

Kemudian kejutan diberikan oleh masing-masing dari mereka. Pieternel Berkers menambah satu lagu langgam kegemarannya, Bernadeta Astari menambah dengan lagu solisnya dan ada satu kejutan istimewa dari Kanako Inouke (sang pianis asal Jepang). Dengan bahasa Indonesia terbata-bata dan dengan keterbatasan, dengan percaya diri Kanako Inouke menyanyikan lagu Bengawan Solo ciptaan Alm Gesang. 

Kanako Inouke: "Bengawan Solo.... Riwayat tumini...." (yang benar: Riwayatmu kini)

Dengan sontak penonton riuh dengan tawa terbahak-bahak. Menyadari ada yang salah, Kanako Inouke pun ikut tertawa dan meminta maaf kepada penonton kalau lafal Jepang agak kesusahan berbicara bahasa Indonesia. Setelah selesai lagu Bengawan Solo mereka resmi menutup acara dan berpamitan. Sesi bebas kemudian diisi dengan foto-foto bersama sang tallent. Pengalaman yang luar biasa mengenal sosok musisi handal seperti mereka. :)

Siapakah TOEAC ini ???
Sebelumnya, 19 April 2012 musisi Tim Knol menghibur Magelang dengan tujuan pertukaran budaya antara Belanda dan Indonesia, kali ini TOEAC memiliki tujuan yang sama yaitu pertukaran budaya Belanda dan Indonesia. Hanya saja kali ini TOEAC berkolaborasi secara ciamik dengan musisi asal Indonesia dan Jepang yang sudah melanglang buana di Nusantara, Bernadeta Astari (penyanyi sopran asal Indonesia) dan Kanako Inouke (pemain piano klasik asal Jepang). 

TOEAC
TOEAC merupakan musisi bergenre duo asal Belanda yang saling memainkan alat musik Akordion Klasik. Tipe permainan mereka mengusung genre Akordion Klasik dimana tuts akordion yang banyak dan kompleks. Mereka memainkan instrumental lagu klasik Eropa dengan ciamik dan keren. Dialah Renée Bekkers (1985) dan Pieternel Berkers (1986) sang punggawa Duo TOEAC. 

Perjalanan TOEAC cukup panjang dan istimewa di bidang akademis, dimana mereka belajar di Fontys Academy of Music (Belanda) di mana mereka berdua berhasil meraih Sarjana cum laude. Dan di Royal Danish Academy of Music di Kopenhagen (Denmark) dengan Geir Draugsvoll dan James Crabb di mana mereka berdua berhasil titel Masters cum laude. Ketika meraih Master di Denmark,  mereka kolaborasi mengikuti kelas solois di Royal Danish Academy of Music dengan Geir Draugsvoll.

Berikut Penampilan Duo TOEAC

Prestasi Duo TOEAC
TOEAC telah dianugerahi beberapa penghargaan seperti: 
- 'Dutch Accordion - dalam kompetisi', 
- 'Prinses Christina Concours-' (Belanda),  
- 'Grand Prix - ajang International (Prancis),' 
- 'Premio Internazionale di Fisarmonica (Italia) ',
- 'Grachtenfestival Conservatorium - Concours (Belanda)', 
- 'Vriendenkrans - concours/Het Debuut (Belanda)  
- dan Legatkonkurrencen (Denmark).

Acap kali TOEAC bermain untuk beberapa program televisi dan program radio nasional dan internasional. Sang punggawa TOEAC Pieternel dan Renée juga bekerja sama dengan seniman lain sebagai konduktor, penulis, seniman visual, komposer live secara bidang elektronik, dokumenter, penari dan aktor. Misalnya dengan seniman cukup kondang seperti: Michael Schonwandt, Micha Hamel, Ernst van Tiel, Ed Spanjaard, Kader Abdollah, Regina van Berkel en duo Strijbos van Rijswijk. TOEAC juga bekerja dengan orkestra seperti 'het Radio Filharmonisch Orkest', 'Orkest de Volharding', 'het Schönberg ensemble', 'het Nieuw Ensemble', 'het Malando Orkest', 'Metropole Orkest' dan 'het Rotterdams Kamerorkest'.

Duo TOEAC ini adalah musisi jenius. Mereka merubah suara akordion seperti hanya bermain dengan nada, namun secara kreatif. Duo ini sangat semangat dalam peregangan jangkauan tuts (note) dan menghasilkan suara akordeon yang "tidak biasa". Dalam filosofi musikal, mereka yakin bahwa akordeon adalah instrumen yang relevan untuk saat ini dan masa depan yang tak akan lekang dimakan jaman. Dengan demikian, selain musikal klasik, aktivitas duo melibatkan lintas musik dan kolaborasi lintas media dengan seniman lain karena antar seniman memiliki jiwa "satu kesatuan" yang akan klimaks ketika berkolaborasi.

Mereka juga membuat lagu sendiri dengan membuat sebuah album yang keluar pada tahun 2012 bertitel "Nordic Music". Di Akademi, duo TOEAC menemukan harta karun berupa repertoar Skandinavia. Repertoar adalah daftar rencana permainan sandiwara. Dua bagian repetoar yang menonjol oleh: Grieg terkenal 'Holberg Suite' dan Jørgensen yang 'Kommos'. Mereka berdua yang membuat tuntutan besar pada keterampilan para pemain duo TOEAC. Album CD pertama TOEAC ini merupakan penghargaan untuk repertoar ini, dan merayakan pengalaman mereka di Denmark. Keterampilan terpenting yang diperoleh berupa wawasan dan teman-teman baru. Meliputi spektrum yang luas dari genre dan melayani sebagai "tamu" setelah tinggal dua tahun di Skandinavia, tema dan judul dari Album CD ini tak terelakkan dengan mengusung titel "Nordic Music".

Oh iya, duo TOEAC ini juga diberi kehormatan mengisi acara pada pentahbisan Raja Belanda yang baru Willem - Alexander pada 30 April 2013. Raja Willem - Alexander ini menggantikan Ratu sebelumnya yaitu ibunya sendiri, Ratu Beatrix yang akan berusia 75 tahun (per 29 April 2013).
 
ACCORDION

Akordion adalah alat musik sejenis organ. Akordion ini relatif kecil dan dimainkan dengan cara digantungkan di badan. Akordeon ditemukan oleh C.F.L. Buschmann dari Berlin, Jerman. Cara memainkan akordion dengan cara menekan tombol-tombol akor dengan jari-jari tangan kiri, sedangkan jari-jari tangan kanannya memainkan melodi lagu yang dibawakan, memainkan alat ini tidak mudah dan akan terlatih jika mulai terbiasa. Pada saat dimainkan, akordeon didorong dan ditarik untuk menggerakkan udara di dalamnya. Pergerakan udara ini disalurkan ke lidah-lidah akordeon sehingga timbul bunyi.

KOLABORASI INDONESIA - JEPANG - BELANDA
Dengan adanya pertukaran budaya dan kesenian ini, diharapkan antar negara bisa menjalin relasi yang harmonis. Sangat picik ketika kita menganggap acuh dengan hubungan diplomatik antar negara. Dengan contok kecil dalam kolaborasi kebudayaan dan kesenian, hubungan yang harmonis dalam segala hal yang berhubungan diplomatik secara kompleks (politik, hukum, ekonomi, dan lain-lain) juga bisa terjalin. Lupakan masa lalu kelam ketika masa kolonial dan perang dunia, searang saatnya saling bersahabat dan berbagi pengetahuan tanpa ada sisi penindasan.

1 comment:

  1. Online Gaming Association (IGA) - KTM Hub
    the largest international online gaming and gambling organisation 경상남도 출장샵 in the 평택 출장안마 world, the IAGA is a leading global organisation committed to 평택 출장샵 promoting responsible 구리 출장마사지 gambling. 부천 출장샵

    ReplyDelete